Contoh Proposal KKN
LEMBAR PENGESAHAN
Panitia Pelaksana KKN PpMM SHARE 2015
Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
|
|
|
|
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Program
Kuliah Kerja Nyata (KKN) SHARE merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan
Mahasiswa kepada Masyarakat. KKN PpMM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
mahasiswa baik secara akademis maupun non akademis melalui pelaksanaan
program-program pendampingan, pengembangan, dan pemberdayaan masyarakat.
Program ini dilaksanakan dengan bantuan dan bimbingan dari Pusat Pengabdian
pada Masyarakat (PPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
Jakarta, dosen pembimbing lapangan, dan pihak-pihak lain yang turut
berkontribusi.
KKN SHARE
2015 dalam kurun waktu satu bulan (31 Juli – 31 Agustus) akan dilaksanakan di Pasirgintung,
Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, dengan sasaran masyarakat setempat termasuk
staf desa, pemuda, pelajar, orang tua, dan anak-anak. Program yang akan dilaksanakan
dengan sasaran tersebut meliputi program edukasi, seni dan olahraga,
pengembangan desa, sosial, dan keagamaan. Dengan sasaran dan program-program
tersebut diharapkan dapat mendukung pencapaian visi dan misi kami.
Kunci keberhasilan
kegiatan ini adalah etos kerja yang tinggi dan kepedulian terhadap masyarakat. Untuk
itu kami melihat kekuatan dari program ini antara lain beragamnya mahasiswa dengan
disiplin ilmu dan kompetensi yang berbeda-beda serta kepedulian yang tinggi terhadap
masyarakat. Bagaimanapun, dalam program ini juga terdapat beberapa kelemahan,
antara lain sulitnya warga desa untuk berinteraksi dengan masyarakat kota akibat
rendahnya pendidikan dan sebagainya. Kemudian, potensi yang ada dari program ini adalah meningkatnya
minat belajar masyarakat, terciptanya inovasi dalam potensi ekonomi desa dan sebagainya.
Akhirnya, ancaman/tantangan bagi kami dalam pelaksanaan program ini adalah terkait
dana operasional kegiatan KKN SHARE dan akses infrastruktur menuju lokasi KKN
SHARE.
DAFTAR ISI
PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA (KKN) PpMM SHARE 2015
Lembar
Pengesahan
1
Ringkasan
Eksekutif
2
Daftar Isi
3
Isi Proposal
I. Dasar Pemikiran
4
II. Kondisi Umum Tempat KKN-PpMM
5
III. Permasalahan
9
IV. Kompetensi Anggota Kelompok KKN-PpMM
11
V. Fokus atau Prioritas Program
13
VI. Sasaran dan Target
19
VII. Waktu Pelaksanaan Kegiatan
22
VIII. Pendanaan
23
IX. Penutup
23
Lampiran-Lampiran
A. Kumpulan Rencana Kerja Individu
24
B. Rincian Penggunaan Anggaran ..........................................................................24
C. Timeline Acara Kegiatan
33
D. Susunan Panitia
35
E. Peserta KKN PpMM SHARE 2015
36
I.
Dasar Pemikiran
“Kemudian dari pada itu untuk
membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa
Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa
dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan
keadilan sosial, ….” (UUD 1945, paragraf keempat)
Indonesia adalah negara merdeka yang memiliki cita-cita luhur
seperti yang tertera dalam penggalan Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945
di atas. Cita-cita luhur tersebut harus selalu diupayakan oleh seluruh lapisan
mayarakat Indonesia. Hal ini menjadi sangat penting mengingat banyaknya
hambatan dan tantangan yang akan dihadapi oleh masyarakat dalam era
globalisasi. Hambatan dan tantangan muncul dalam berbagai aspek kehidupan baik
politik, sosial, ekonomi, budaya, dan berkaitan pula dengan pendidikan,
teknologi, kualitas sumber daya manusia, dan sebagainya.
Sebagai upaya untuk menghadapi hambatan dan tantangan
globalisasi, sudah seharusnya kita menggali dan memberdayakan potensi
masyarakat Indonesia sehingga terbentuk masyarakat yang cerdas, kreatif,
progresif, dan inovatif. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk
perwujudan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Program ini lahir dari
gagasan persaingan global, tanggung jawab bersama, dan kontribusi terhadap
bangsa. Seluruh lapisan masyarakat termasuk Perguruan Tinggi beserta Civitas
Akademiknya harus ikut serta membantu pemerintah dalam pembangunan masyarakat.
Untuk itu, kami mahasiswa-mahasiswi lintas fakultas
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, bermaksud mengadakan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2015 bernama KKN SHARE 2015 dengan tema
“Share to Care” di bawah bimbingan
dosen pembimbing dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta di Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten
Tangerang.
II. Kondisi Umum Tempat
KKN-PpMM
Kecamatan : Jayanti
Kabupaten : Tangerang
Provinsi :
Banten
Desa Pasirgintung Kecamatan Jayanti merupakan desa yang terkenal karena adanya Pondok Pesantren Daar el-Qolam
yang didirikan pada tahun 1968. Meskipun di
desa Pasirgintung terdapat ponpes modern, namun di desa tersebut masih menjadi
salah satu desa yang terisolir dan belum terdapatnya infrastruktur yang memadai
untuk kemajuan desa.
1. Kondisi Geografis
Desa Pasirgintung memiliki
luas 203 Ha. Dilihat dari trofografi dan kontur tanah secara umum,
dataran rendah berada pada ketinggian ± 27 m dpl dari permukaan laut dengan
suhu udara diperkirakan antara 29o C – 30o C. Curah hujan antara 1.114-2.000
mm/th dengan kemiringan tanah antara 00-10. Secara keseluruhan sebagai desa agraris,
maka usaha pertanian, peternakan, serta perkebunan dapat tumbuh dan berkembang
dengan baik.
1.1 Batas Wilayah
Desa Pasirgintung mempunyai batas wilayah sebagai berikut.
i. Sebelah barat berbatasan
dengan Kecamatan kresek;
ii. Sebelah selatan
berbatasan dengan Desa Pangkat;
iii. Sebelah utara berbatasan
dengan Desa Cikande;
iv. Sebelah timur berbatasan dengan
Kabupaten Serang.
2.
Kondisi Sosial
2.1 Kependudukan
Jumlah penduduk Desa Pasirgintung sampai dengan bulan Desember 2014
tercatat sebanyak: 4.198 jiwa, terdiri dari laki-laki: 2.177 jiwa dan
perempuan: 2.021 jiwa, serta Kepala Keluarga: 1.023 kepala keluarga.
Secara
administrasi umum desa, Desa Pasirgintung terdiri dari:
i. Rukun Warga : 2 unit
ii. Rukun Tetangga : 13 unit, yang dibagi menjadi 7 RT dan
8 RT
3.
Kondisi Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu modal dasar dalam pembangunan bangsa,
sehingga pendidikan adalah sebuah investasi yang berguna bagi masa depan.
Namun, masalah pendidikan di beberapa desa terpencil masih menjadi hal yang
serius.
Menurut data di Desa Pasirgintung tahun 2014, tingkat pendidikan
masyarakat di sana adalah 300 orang Buta Huruf, 221 orang Putus Sekolah, dan
700 orang Tamat Pendidikan (SD - SMA).
Sejalan dengan masalah tersebut, pada saat ini jumlah sarana dan prasarana sekolah, maupun jenjang
terus diupayakan baik kuantitas maupun kualitasnya, baik itu Negeri maupun
Swasta, dari mulai TK/PAUD s/d SMK.
Hal ini dapat dilihat dari tabel dibawah ini.
No.
|
Jenjang
|
Jumlah
|
1.
|
TK/RA
|
2
buah
|
2.
|
PAUD
|
3
buah
|
3.
|
SD Negeri
|
1 buah
|
4.
|
SD Swasta
|
2
buah
|
5.
|
SMP Swasta
|
3
buah
|
6.
|
SMK Swasta
|
3
buah
|
|
4. Kondisi Keagamaan
Mayoritas keagamaan yang dianut oleh
warga Desa Pasirgintung
adalah
agama Islam. Desa Pasirgintung
adalah desa
yang disebut sebagai
‘Desa
Santri’,
hal ini telah ditunjukkan
dengan adanya sarana fasilitas keagamaan yang banyak dan sarana pendidikan
berupa pondok pesantren yang berada di desa tersebut. Di bawah ini adalah jenis
peribadatan warga Desa Pasirgintung.
No.
|
Jenis
Sarana
|
Jumlah
|
1.
|
Masjid
|
3
buah
|
2.
|
Langgar/musala
|
18
buah
|
3.
|
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
|
2
buah
|
4.
|
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
|
3
buah
|
|
5. Kondisi Ekonomi
Pada umumnya,
mata pencaharian masyarakat Desa Pasirgintung adalah petani. Di samping itu,
banyaknya pabrik yang didirikan di sekitar Kecamatan Jayanti menjadikan
masyarakatnya bekerja menjadi buruh atau pegawai swasta. Serta, letak pasar
yang dekat dengan desa, menjadikan profesi pedagang sebagai pilihan mata
pencaharian lainnya. Di bawah ini adalah jenis mata pencaharian warga Desa
Pasirgintung.
No.
|
Mata Pencaharian
|
Jumlah
|
1.
|
Petani
|
704 Orang
|
2.
|
Buruh
|
200 Orang
|
3.
|
Pedagang
|
270 Orang
|
4.
|
PNS
|
20 Orang
|
5.
|
Pegawai Swasta
|
250 Orang
|
6.
|
Pensiunan
|
13 Orang
|
7.
|
Belum bekerja
|
670 Orang
|
8.
|
Pengangguran
|
1.520 Orang
|
|
III.
Permasalahan
Dalam penyelenggaraan pemerintah desa, tentu menemukan
kendala atau hambatan dalam melaksanakan program pembangunan di desa. Adapun
kendala atau hambatan yang dirasakan adalah sebagai berikut:
1. Sarana dan Fasilitas Pendidikan
Terdapat dua lembaga pendidikan formal tingkat sekolah
dasar dan dua tingkat sekolah menengah atas di Desa Pasirgintung. Kondisi
kebersihan sekolah cukup baik, namun fasilitas perpustakaan umum yang
menyediakan sumber bacaan bagi siswa maupun masyarakat kurang memadai.
Permasalahan lain, yaitu minimnya tenaga pengajar dalam bidang pengetahuan umum
menyebabkan siswa-siswi kurang memperdalam pelajarannya di sekolah. Hal ini
didukung dengan tidak adanya kegiatan belajar mengajar non formal di luar
sekolah. Selain itu, pendidikan budaya juga sangat minim dan belum ada yang
mengembangkan seni tari tradisional untuk melestarikan budaya Indonesia.
2. Sarana dan Prasarana Umum
Permasalahan sarana dan prasarana yang kurang baik
terdapat pada kondisi jembatan serta sarana peribadatan, yaitu masjid yang
tidak memiliki inventaris memadai untuk menunjang kegiatan ibadah masyarakat.
Kondisi kebersihan juga kurang maksimal mengingat diperlukan kondisi yang
kondusif untuk beribadah.
3. Bidang Kelembagaan
Kurangnya sumber daya manusia perangkat desa, sehingga
belum optimalnya pelaksanaan tugas Pemerintah Desa serta belum optimalnya
Pengupayaan Sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) yang berasal dari Tanah Kas
Desa untuk digunakan oleh Sekolah/Dinas/Kantor dan dari Pungutan Desa.
4. Bidang Kepemudaan dan Olahraga
Kepemudaan di Desa Pasirgintung tercatat sangat
banyak, namun bisa dikatakan bahwa pemuda desa yang aktif dalam kepemudaan
sangatlah minim. Padahal, mereka sudah memiliki sarana lapangan sepakbola,
tetapi karena tidak adanya yang merawat, mengakibatkan sarana tersebut menjadi
rusak.
5. Bidang Lingkungan Hidup
Di Desa Pasirgintung terdapat masalah dalam hal penumpukan
sampah. Padahal, pihak aparatur desa telah membuatkan beberapa tempat sampah
untuk pembuangan sampah, namun masih saja banyak warga desa yang tidak sadar
akan bahaya sampah terhadap kelangsungan hidup.
IV. Kompetensi Anggota Kelompok
KKN SHARE 2015
No.
|
Nama
|
Kompetensi
|
|
Keilmuan
|
Keterampilan
|
||
1.
|
Muhammad Agung
Wicaksono
|
Bahasa dan Sastra
Inggris
|
Berbahasa
Inggris, Menggambar, Bermain Alat Musik, Olahraga
|
2.
|
Deny Gunawan
Susandi
|
Bahasa dan
Sastra Inggris
|
Berbahasa Inggris,
Menulis Fiksi dan Ilmiah
|
3.
|
Ithessa Oni
Hamzah
|
Bahasa Inggris
|
Menari
Tradisional Saman dan Tari Piring
|
4.
|
Karina Nur
Inayati
|
Bahasa dan
Sastra Inggris
|
Mengajar
Bahasa Inggris dan Komputer, Kaligrafi, Tata Rias
|
5.
|
Dityan Zahra
Pranissa
|
Ilmu Komunikasi
|
Mengajar,
Keterampilan Tangan, Pengaplikasian Basic
Microsoft
|
6.
|
Annisah Bilqis
|
Ilmu Komunikasi
|
Mengajar
|
7.
|
Achmad Faizal
Riwanto
|
Jurnalistik, Ilmu
Agama Islam, Ilmu Sosial
|
Jurnalistik,
Olahraga
|
8.
|
Abdullah
|
Hubungan
Internasional
|
Pengaplikasian
Komputer
|
9.
|
Gustiawan Arum
|
Pemodelan
Sistem
|
Mengajar,
Desain Grafis, Pengaplikasian Basic
Microsoft dan Aplikasi Matematika
|
10.
|
Dwi Hartini
|
Pemodelan
Sistem, Forecasting Data
|
Mengajar, Tari
Tradisional Saman
|
11.
|
Novi Nur
Prasetianingrum
|
Pemodelan
Sistem, Pengembangan Dasar Matematika, Komputansi
|
Desain Grafis,
Mengajar
|
12.
|
Zaenudin
|
Matematika
|
Bermain Alat
Musik, Mengajar tentang Musik
|
13.
|
Meydha
Nurcholis
|
Ilmu Perbankan
Syariah
|
Mengajar,
Memasak, Mengajar TPA, Kerajinan Tangan
|
14.
|
Annisa Farida
|
Ekonomi
Syariah
|
Mengajar,
Memasak
|
15.
|
Nanda Pipit
Nurjannah
|
Ilmu Perbankan
Syariah, Ilmu Agama Islam
|
Menari
Tradisional, Kerajinan Tangan, Tata Rias dan Busana, Menyanyi, Memasak
|
16.
|
Peni Rahmadani
|
Perbankan
Syariah, Ilmu Ekonomi
|
Mengajar, Musik,
Olahraga
|
17.
|
Bahrur Rosi
|
Ilmu Agama
Islam
|
Mengajar,
Olahraga
|
18.
|
Enung
Nurokhman
|
Bahasa Inggris
|
Mengajar Generative Transformational Grammar,
Bahasa Inggris, Marawis, Bermain Alat Musik
|
V. Fokus atau Prioritas Program
Setelah adanya hasil identifikasi
masalah, Kelompok KKN SHARE akan membuat prioritas program dan kegiatan untuk menangani
masalah di Desa Pasirgintung. Program kegiatan PpMM - SHARE 2015
meliputi kegiatan edukasi, seni dan olahraga, religi, pengembangan, dan sosial.
Kemudian, yang menjadi fokus atau prioritas program kami adalah edukasi.
1. Program
Edukasi
i.
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Program
ini diadakan berdasarkan hasil survei di sana, di mana tenaga pengajar di sana
masih kurang. Program ini diadakan dengan tujuan untuk membantu para siswa/i SD
dan SMA yang berada di Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten
Tangerang.
ii.
Bimbel (Rumah Berbagi
Ilmu)
Bimbingan belajar merupakan salah satu
aktivitas positif untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Bimbingan belajar
dapat mengarahkan kegiatan siswa pada kegiatan menuntut ilmu di luar lingkungan
sekolah. Dengan bimbingan belajar yang di sertai dengan pendidik yang baik,
akan meningkatkan mutu dan kualitas ilmu yang didapatkan siswa.
iii.
EMATH Sharing Class
EMATH
Sharing Class (ESC)
merupakan program
yang mempunyai tujuan utama
untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai pendidikan, khususnya di
bidang Matematika dan Bahasa Inggris. Salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam
ESC ini adalah belajar sambil
bermain.
iv.
Seminar
·
Seminar
Peningkatan Mutu dan Kualitas Kerja dalam Rangka Menyambut MEA
(Masyarakat Ekonomi Asia)
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka
meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Pasirgintung akan pentingnya MEA
(Masyarakat Ekonomi Asia), di mana masyarakat akan diberikan wawasan mengenai
pentingnya MEA supaya bisa meningkatkan mutu dan kualitas kerja masyarakat Desa
Pasargintung.
·
Seminar dan
Pelatihan Kewirausahaan
Seminar
pelatihan ini dibuat untuk mendorong generasi muda lebih termotivasi dan menjadikan dirinya sebagai wirausaha
dengan harapan di kemudian
hari ada tekat serta
keberanian untuk mewujudkannya. Untuk mewujudkan hal tersebut dalam bentuk
perilaku nyata, harus dilakukan dengan cara 4M (Memulai, Mendirikan, Mengelola,
dan Mengembangkan usaha) sebagai perwujudan cita-cita menjadi manusia sukses
dalam hidupnya melalui karir wirausaha.
·
Seminar
Pendidikan
Pendidikan
merupakan sesuatu
yang sangat penting dalam membangun suatu bangsa, tanpa pendidikan sulit
rasanya suatu negara bisa dihargai, disegani, bahkan dihormati. Oleh
sebab itu,
diperlukan suatu workshop
yang nantinya akan memotivasi masyarakat terutama di Desa Pasirgintung tentang pentingnya pendidikan. Workshop ini akan diadakan dalam satu
hari dan
akan menampilkan beberapa pembicara yang telah sukses melalui pendidikan.
v.
Cooking Class
Cooking class adalah kegiatan untuk
anak-anak yang akan dilakukan di TK/PAUD. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali
kreativitas anak, melatih kemandirian anak, dan melatih kesabaran serta
ketelitian anak. Hasil dari Cooking class
ini diharapkan mampu melatih kecerdasan kognitif, psikomotor, dan kreativitas
anak supaya mereka dapat belajar sambil bermain sesuai dengan usia mereka.
vi.
Pelatihan Jurnalistik
program kerja ini memiliki
rencana yang berkonsep fun education atau pembelajaran santai, sehingga para siswa di Desa Pasirgintung bisa belajar tentang ilmu-ilmu dasar
Jurnalistik. Adapun pelatihannya adalah
mengajarkan teknik menulis berita dan teknik pengambilan gambar dalam sebuah
liputan.
2. Program Sosial
i.
Perayaan Hari Kemerdekaan
Kegiatan
ini diadakan untuk meramaikan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-70.
Kegiatan ini akan diisi dengan beberapa lomba, diantaranya Lomba Tarik Tambang, Lomba Jalan
Sehat, dan Lomba Cerdas Cermat. Perlombaan tersebut diadakan dengan tujuan
untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat desa.
ii.
Kerja Bakti
Kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran masyarakat akan
pentingnya kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini
dikarenakan kondisi kebersihan di sekitar Desa Pasirgintung masih kurang.
iii.
Gerakan Pungut Sampah (GPS)
Kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran masyarakat akan
pentingnya kebersihan di sekitar Desa Pasirgintung, yaitu dengan melakukan gerakan pungut sampah.
3. Program Religi
i.
Peremajaan Masjid dan Pembagian Alquran
Kegiatan
ini diadakan karena kondisi tempat ibadah di sana masih kurang dalam hal fasilitas, seperti karpet masjid dan Alquran.
Hal ini bertujuan agar masyarakat sekitar dapat lebih sering menggunakan masjid
untuk melakukan ibadah dan kegiatan keagamaan.
ii.
Kegiatan Menghidupkan dan Mengajar TPA
Kegiatan
ini bertujuan untuk menghidupkan TPA karena masyarakat kurang memanfaatkan TPA
yang ada di sana.
Oleh karena itu, kami bermaksud untuk melaksanakan kegiatan
Menghidupkan dan Mengajar TPA.
4. Program Seni dan Olahraga
i.
Kerajinan Tangan
·
Pelatihan
Kerajinan Daur Ulang Sampah
Kerajinan dari sampah plastik
merupakan kerajinan yang bisa menjadi salah satu alternatif peluang usaha bagi
warga desa. Hanya diperlukan sedikit sentuhan kreasi yang unik dan kreatif agar
sampah plastik dapat menjadi lebih bernilai secara ekonomi. Oleh sebab itu,
kami merasa perlu adanya program pemberdayaan kepada masyarakat desa, yaitu
kegiatan berupa pelatihan kerajinan tangan yang ditujukan untuk para ibu PKK
dan warga desa Pasirgintung. Program ini kami lakukan untuk memberikan motivasi
bagi warga bahwa sampah yang tidak berguna dan mengotori lingkungan dapat
diubah menjadi sebuah kreativitas yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha.
·
Pelatihan Kerajinan Bunny Headband dan Hijab Class
Berhijab merupakan salah satu kewajiban bagi setiap wanita muslim. Islam juga memudahkan kita beribadah, salah satunya adalah memudahkan kita dalam memakai
hijab. Bunny
Headband itu sendiri adalah suatu Bandana/hiasan rambut atau
kepala yang berbentuk seperti telinga kelinci yang unik. Kegiatan ini bertujuan agar para remaja putri
dan ibu-ibu di
sana dapat berhijab dengan memakai Bunny Headband hasil karya tangan mereka
sendiri yang akan terlihat lebih modis dan stylish.
ii.
Pelatihan Tari Tradisional
Program ini merupakan salah satu kegiatan sharing ilmu karena banyak
dari anggota KKN SHARE yang memiliki kemampuan seni tari. Kegiatan ini
bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni tari
masyarakat setempat dan juga dapat dijadikan sebagai wadah bertukar pikiran dan
belajar dalam bentuk tarian.
iii.
Sharing Music Class
Program ini merupakan salah satu
aktivitas positif untuk meningkatkan kreativitas bermusik masyarakat setempat. Sharing Music
Class dapat dijadikan
sebagai wadah bertukar pikiran dan belajar dalam bermain musik.
iv.
Latihan Futsal/Sepakbola
Adanya program ini untuk
menyalurkan bakat serta menjaga kebugaran jasmani warga desa Pasirgintung, sekaligus mengasah
kemampuan dan teknik para warga laki-laki desa dalam bermain futsal atau
sepakbola.
5. Program Pengembangan
i.
Pengadaan Bantuan
Buku dan Renovasi Perpustakaan Desa
Buku merupakan jendela dunia. Dengan membaca,
setiap manusia bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi masa depannya. Di
dalam program ini, akan dilaksanakan pengadaan buku di SD Negeri Pasirgintung,
Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, sehingga para
siswanya bisa lebih mendapatkan banyak wawasan dan terbentuknya kebiasaan
membaca sejak dini.
ii.
Peremajaan Plang
Jalan
Program
ini dilakukan karena beberapa jalan di Desa Pasirgintung tidak memiliki tanda pengenal jalan serta ada juga plang
jalan yang kurang terawat serta papan nama yang berada di kantor desa itu sendiri. Adanya
program ini bertujuan agar warga desa atau dari luar dimudahkan dalam mencari
alamat atau jalan serta menambah keindahan Desa Pasirgintung.
VI. Sasaran dan Target
Dari berbagai program kerja yang sudah kami susun dan rencanakan, kami
menempatkannya ke dalam kolom-kolom yang salah satunya adalah untuk mencari dan
mengetahui target apa serta siapa sasaran dari setiap program kerja yang akan
kami laksanakan di Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang.
No
|
Program
|
Sasaran
|
Target
|
1.
|
SOSIAL
|
||
Perayaan
Hari Kemerdekaan
|
Warga
Desa Pasirgintung
|
70% warga
memiliki keberanian untuk berkompetisi secara sportif.
|
|
Kerja
Bakti
|
Warga
Desa Pasirgintung
|
50% warga
desa menyadari pentingnya hidup bersih serta
memiliki kepedulian akan lingkungan.
|
|
GPS
(Gerakan Pungut Sampah)
|
Warga
Desa Pasirgintung
|
70% warga
desa memiliki kepedulian terhadap lingkungan dengan cara mengumpulkan dan
membersihkan sampah-sampah.
|
|
2.
|
EDUKASI
|
||
Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM)
|
Siswa/i SD dan SMA
|
60% siswa memahami materi
yang diajarkan.
|
|
Bimbel (Rumah Berbagi
Ilmu)
|
Anak-anak Desa Setempat
|
60% siswa memahami materi
yang diajarkan.
|
|
EMATH Sharing Class
|
Siswa/i dan Guru-guru SD
|
40% peserta lebih menyukai pelajaran yang menyulitkan seperti Matematika
dan Bahasa Inggris;
40% peserta, khususnya guru-guru di sana bisa
menambah wawasan dalam mengajar secara menyenangkan terutama untuk pelajaran
yang dirasa sulit.
|
|
Kelas Jurnalistik
|
Siswi/i SMA dan Sederajat
|
60%
sasaran dapat mengetahui dan memahami ilmu-ilmu dasar Jurnalistik, sehingga dapat memperkaya pengetahuannya.
|
|
Cooking Class
|
Siswa/i SD
|
60%
sasaran dapat mengembangkan kreativitas
dan mampu melatih kemandirian anak di usia dini.
|
|
Seminar Peningkatan Mutu dan
Kualitas Kerja dalam Rangka Menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia)
|
Warga
Pasirgintung
|
60%
sasaran mengetahui pentingnya MEA untuk meningkatkan mutu dan
kualitas kerja masyarakat
Desa
Pasargintung.
|
|
Seminar Pendidikan
|
Orang tua siswa/i Desa
Pasirgintung
|
60%
sasaran dapat menyadari akan
pentingnya pendidikan, terutama bagi orang tua yang bertanggung jawab atas
pendidikan anaknya.
|
|
Seminar
dan Pelatihan Kewirausahaan
|
Warga
Desa Pasirgintung
|
50% warga
desa bisa termotivasi untuk memulai, mendirikan, mengelola, dan mengembangkan
usaha.
|
|
3.
|
RELIGI
|
||
Kegiatan
Mengajar TPA
|
Anak-anak desa setempat
|
Menghidupkan kembali dan
Membangun kegiatan agama di usia dini.
|
|
Pengadaan Fasilitas Tempat Ibadah dan Pembagian Alquran
|
Masjid dan musala setempat
|
Menambah fasilitas ibadah,
seperti Alquran, Iqra, dan lain-lain.
|
|
4.
|
SENI DAN
OLAHRAGA
|
||
Pelatihan
Tari Tradisional
|
Siswi/i SD dan SMA
|
60% meningkatkan rasa peduli masyarakat, khususnya di umur anak
bersekolah, terhadap budaya tradisional Indonesia.
|
|
Sharing Music Class
|
Anak-anak desa setempat
|
60%
sasaran dapat meningkatkan kreativitas
bermusik masyarakat setempat.
|
|
Pelatihan
Kerajinan Daur Ulang
|
Warga
Desa Pasirgintung
|
60% warga dapat
memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai.
|
|
Pelatihan
Kerajinan Bunny Headband dan Hijab Class
|
Remaja
Putri dan Ibu-ibu Desa Pasirgintung
|
60%
sasaran dapat Mengembangkan kreativitas dan keterampilan remaja dan
para ibu di Desa Pasirgintung.
|
|
Latihan
Futsal/Sepakbola
|
Warga
laki-laki Desa Pasirgintung
|
Sasaran
dapat mengikuti program dengan baik serta menambah teknik bermain dalam
futsal dan sepakbola.
|
|
5.
|
PENGEMBANGAN
|
||
Pengaktifan Perpustakaan Sekolah
|
Pelajar SD
|
Sasaran dapat menikmati perpustakaan sekolah
yang lebih nyaman dengan tambahan beberapa buku dan fasilitas agar dapat
meningkatkan minat baca di usia dini.
|
|
Peremajaan Plang Jalan
|
Warga
Desa
|
Sasaran dapat mengenali
wilayah, alamat, tempat, dan gang dengan mudah serta menambah keindahan dan
kerapihan lingkungan Desa Pasirgintung
|
|
VII. Waktu Pelaksanaan Kegiatan
1. Kegiatan KKN SHARE 2015 akan dilaksanakan pada:
Waktu : 31 Juli - 31 Agustus
2015
Tempat : Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang
2. Timeline Acara Kegiatan
(Terlampir)
VIII. Pendanaan
1. Rincian Penggunaan Anggaran (Terlampir)
2. Sumber Dana
Sumber pendanaan program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa
(PpMM) berasal dari:
a. APBN/DIPA Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
Jakarta;
b. Peserta KKN PpMM;
c. Sponsorship dan Donatur;
d. Sumbangan pihak yang tidak mengikat.
IX. Penutup
Demikian rencana yang kami gambarkan secara umum tentang keseluruhan
kegiatan KKN SHARE 2015 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah
Jakarta. Dengan demikian, kami sangat berharap kegiatan ini dapat terealisasi
dan berjalan dengan lancar sehingga seluruh niat baik kami dapat tetap terjaga
dan segalanya terlaksana secara maksimal. Oleh karena itu, dukungan dan
kontribusi berbagai pihak sangat kami harapkan untuk proses pengabdian ini. Atas
perhatian dan dukungannya, kami mengucapkan terima kasih.
A. Kumpulan Rencana Kerja Individu (Terlampir)
B. Lampiran i
RINCIAN PENGGUNAAN ANGGARAN
PEMASUKAN:
No.
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Iuran Anggota
|
18
|
Rp 1.000.000
|
Rp 18.000.000
|
Total
|
Rp 18.000.000
|
|||
PENGELUARAN:
KESEKRETARIATAN
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Kertas A4
|
2 Rim
|
Rp 40.000
|
Rp 80.000
|
2.
|
Amplop
|
1 Kotak
|
Rp 15.000
|
Rp. 15.000
|
3.
|
CD-R
|
10 Keping
|
Rp 3.000
|
Rp 30.000
|
4.
|
Stempel
|
1 Paket
|
Rp 70.000
|
Rp 70.000
|
5.
|
Stopmap
|
50 Buah
|
Rp 3.000
|
Rp 150.000
|
6.
|
Kwitansi
|
3 Buah
|
Rp 5.000
|
Rp 15.000
|
7.
|
ID Card
|
18 Buah
|
Rp 5.000
|
Rp. 90.000
|
8.
|
Penggandaan Proposal
|
30 Buah
|
Rp 40.000
|
Rp 1.200.000
|
9.
|
ATK
|
1 Paket
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
10.
|
Tinta Printer
|
3 Buah
|
Rp 40.000
|
Rp 120.000
|
11.
|
Papan Whiteboard
|
3 Buah
|
Rp 30.000
|
Rp 90.000
|
Total
|
Rp 2.010.000
|
|||
PUBDEKDOK
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Banner Seminar
|
3 Buah
|
Rp 60.000
|
Rp 180.000
|
2.
|
Backdrop Panggung
|
1 Buah
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
3.
|
Pamflet
|
100 Lembar x 2
|
Rp 2.000
|
Rp 400.000
|
4.
|
DVD RW
|
10 Keping
|
Rp 30.000
|
Rp 300.000
|
5.
|
Sticker
|
200 Buah
|
Rp 3.000
|
Rp 600.000
|
6.
|
Sewa Infokus
|
30 Hari
|
Rp 70.000
|
Rp 2.100.000
|
7.
|
Plakat
|
6 Buah
|
Rp 100.000
|
Rp 600.000
|
Total
|
Rp 4.280.000
|
|||
ACARA
A. Pembukaan
No
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Konsumsi
|
50 Paket
|
Rp 5.000
|
Rp 250.000
|
2.
|
Sewa
Sound System
|
1 Hari
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
Total
|
Rp 350.000
|
|||
B. Sharing Music Class
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Papan Tulis
|
1 Buah
|
Rp 125.000
|
Rp 125.000
|
2.
|
Spidol
|
5 Buah
|
Rp 8.000
|
Rp 40.000
|
3.
|
Penghapus Papan
|
2 Buah
|
Rp 5.000
|
Rp 10.000
|
4.
|
Alat Tulis
|
1 Pack
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
5.
|
Buku Tulis/kertas
|
1 pack
|
Rp 30.000
|
Rp 30.000
|
6.
|
Snack/Hiburan
|
12 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 120.000
|
Total
|
Rp 375.000
|
|||
C. Kerja Bakti dan
GPS
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Kantong Sampah
|
1 pack
|
Rp 25.000
|
Rp 25.000
|
2.
|
Snack + Minum
|
40 paket
|
Rp 5.000
|
Rp 200.000
|
3.
|
Sewa
Truk sampah
|
1 buah
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
Total
|
Rp 725.000
|
|||
D. Pelatihan
Kerajinan Daur Ulang
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Jarum Jahit Besar
|
20 buah
|
Rp 2.500
|
Rp 50.000
|
2.
|
Lem Fox
|
4 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 40.000
|
3.
|
Koran Bekas
|
20 Kilo
|
Rp 2.000
|
Rp 40.000
|
4.
|
Benang Bujir
|
2 Buah
|
Rp 5.000
|
Rp 10.000
|
5.
|
Gunting
|
15 Buah
|
Rp 6.000
|
Rp 90.000
|
6.
|
Snack
|
40 Orang
|
Rp 7.000
|
Rp 280.000
|
7.
|
Air mineral gelas
|
2 Dus
|
Rp 20.000
|
Rp 40.000
|
8.
|
Honorium narasumber
|
1 Orang
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
9.
|
Sampah Plastik
|
20 Kilo
|
Rp 20.000
|
Rp 400.000
|
Total
|
Rp 1.450.000
|
|||
E. Pelatihan Tari
Tradisional
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Air mineral gelas
|
10 dus
|
Rp 20.000
|
Rp
200.000
|
2.
|
Snack
|
50 paket x 8
|
Rp 5.000
|
Rp 2.000.000
|
Total
|
Rp 2.200.000
|
|||
F.
Lomba 17
Agustus
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Lomba Tarik Tambang
|
|||
Tali Tambang
|
1 Buah
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
|
Hadiah
Ibu-ibu
|
1 Paket
|
Rp 325.000
|
Rp 325.000
|
|
Hadiah
Anak-anak
|
1 Paket
|
Rp 375.000
|
Rp 375.000
|
|
Sub Total
|
Rp 900.000
|
|||
2.
|
Lomba Jalan Sehat
|
|||
Hadiah
|
2 paket
|
Rp 78.000
|
Rp 156.000
|
|
Perlengkapan
|
1 paket
|
Rp 80.000
|
Rp 80.000
|
|
Konsumsi
|
1 paket
|
Rp 75.000
|
Rp 75.000
|
|
Doorprize
|
30 buah
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
Sub Total
|
Rp 461.000
|
|||
3.
|
Lomba Cerdas Cermat
|
|||
Hadiah
|
1 paket
|
Rp 122.000
|
Rp 122.000
|
|
Perlengkapan
|
1 paket
|
Rp 65.000
|
Rp 65.000
|
|
Sub Total
|
Rp 187.000
|
|||
Total
|
Rp
1.548.000
|
|||
G.
Peremajaan Tempat
Ibadah
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Alquran
|
50 buah
|
Rp 60.000
|
Rp 3.000.000
|
2.
|
Karpet
|
3 buah
|
Rp 300.000
|
Rp 900.000
|
3.
|
Tirai Penghalang
|
3 buah
|
Rp 400.000
|
Rp 1.200.000
|
4.
|
Mukena
|
6 buah
|
Rp 50.000
|
Rp 300.000
|
5.
|
Rak Sandal
|
3 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 300.000
|
Total
|
Rp
5.700.000
|
|||
H.
Pengadaan Bantuan Buku dan Renovasi
Perpustakaan Sekolah
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Rak Buku
|
4 Buah
|
Rp 450.000
|
Rp 1.800.000
|
2.
|
Meja Baca
|
3 Buah
|
Rp 200.000
|
Rp 600.000
|
3.
|
Dekorasi
|
1 Paket
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
4.
|
Karpet
|
2 Buah
|
Rp 250.000
|
Rp 500.000
|
5.
|
Koleksi Buku
|
1 Paket
|
Rp 5.000.000
|
Rp 5.000.000
|
Total
|
Rp 8.000.000
|
|||
I.
Kegiatan
Belajar Mengajar
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Spidol
|
18 Buah
|
Rp 8.000
|
Rp 144.000
|
2.
|
Isi
Spidol
|
4 Buah
|
Rp 15.000
|
Rp 60.000
|
Total
|
Rp 204.000
|
|||
J.
Rumah Berbagi
Ilmu (Bimbel)
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Papan
Tulis
|
2 Buah
|
Rp 125.000
|
Rp 250.000
|
2.
|
Spidol
|
5 Buah
|
Rp 8.000
|
Rp 40.000
|
3.
|
Penghapus
Papan
|
2 Buah
|
Rp 5.000
|
Rp 10.000
|
4.
|
Alat
Tulis
|
1 Pack
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
5.
|
Buku Tulis/kertas
|
1 pack
|
Rp 30.000
|
Rp 30.000
|
6.
|
Snack/Hadiah/Hiburan
|
12 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 120.000
|
Total
|
Rp 500.000
|
|||
K.
Pelatihan Jurnalistik
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Snack
Peserta
|
30 Paket
|
Rp 5.000
|
Rp 150.000
|
2.
|
Buku
Saku Pedoman
|
30 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 300.000
|
Total
|
Rp 450.000
|
|||
L.
Pelatihan Kewirausahaan
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Snack
|
50 Paket
|
Rp 10.000
|
Rp 500.000
|
2.
|
Pemateri
|
1 Orang
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
3.
|
Sertifikat + Bingkai
|
1 buah
|
Rp 25.000
|
Rp 25.000
|
Total
|
Rp 1.525.000
|
|||
M.
EMATH Sharing
Class
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Spidol
|
3 Buah
|
Rp 7.000
|
Rp 21.000
|
2.
|
Penghapus Papan Tulis
|
1 Buah
|
Rp 8.000
|
Rp 8.000
|
3.
|
Buku Mewarnai
|
2 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 20.000
|
4.
|
Print Modul ESC
|
1 Buah
|
Rp 25.000
|
Rp 25.000
|
5.
|
Fotokopi Modul ESC
|
15 Buah
|
Rp 20.000
|
Rp 300.000
|
6.
|
Hadiah
|
5 paket
|
Rp 20.000
|
Rp 100.000
|
7.
|
Sertifikat ESC KKN
SHARE
|
20 Buah
|
Rp 3.000
|
Rp 60.000
|
Total
|
Rp 534.000
|
|||
N.
Kerajinan
Bunny Headband dan Hijab Class
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Kain
Perca
|
15 m
|
15.000/m
|
Rp 225.000
|
2.
|
Kawat
Lunak
|
50 m
|
1.500/m
|
Rp
75.000
|
3.
|
Benang
|
25 pcs
|
2.000/pcs
|
Rp
50.000
|
4.
|
Gunting
|
10 pcs
|
10.000/pcs
|
Rp
100.000
|
5.
|
Jarum
Pentul
|
3 pck
|
10.000
|
Rp
30.000
|
Total
|
Rp 480.000
|
|||
O.
Workshop Motivasi Pendidikan
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Air Mineral Gelas
|
5 Box
|
Rp 20.000
|
Rp 100.000
|
2.
|
Snack
|
50 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 500.000
|
3.
|
Nasi Bungkus
|
50 Bungkus
|
Rp 15.000
|
Rp 750.000
|
4.
|
Honor Pembicara
|
3 orang
|
Rp 1.000.000
|
Rp 3.000.000
|
5.
|
Makan Pembicara
|
3 orang
|
Rp 100.000
|
Rp 300.000
|
Total
|
Rp 4.650.000
|
|||
P.
Seminar MEA
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Snack
|
50 Buah
|
Rp 10.000
|
Rp 500.000
|
2.
|
Honor Pembicara
|
1 orang
|
Rp 700.000
|
Rp 700.000
|
3.
|
Sertifikat + Bingkai
|
1
buah
|
Rp 25.000
|
Rp 25.000
|
Total
|
Rp 1.225.000
|
|||
Q.
Peremajaan Plang
Jalan
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Triplek
|
2
buah
|
Rp 60.000
|
Rp 120.000
|
2.
|
Stiker
Gulungan
|
2 Buah
|
Rp 30.000
|
Rp 60.000
|
3.
|
Cat semprot
|
3
kaleng
|
Rp 50.000
|
Rp 150.000
|
4.
|
Kayu Peyangga
|
-
|
Rp 240.000
|
Rp 240.000
|
5.
|
Paku
|
1
kg
|
Rp 30.000
|
Rp 30.000
|
Total
|
Rp 600.000
|
|||
R.
Latihan
Futsal/Sepakbola
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Bola
|
2
buah
|
Rp 100.000
|
Rp 200.000
|
2.
|
Air Mineral
|
4
dus
|
Rp 25.000
|
Rp 100.000
|
Total
|
Rp 300.000
|
|||
ACARA PENUTUPAN:
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Snack
Konsumsi
|
50 Buah
|
Rp 5.000
|
Rp 250.000
|
Total
|
Rp 250.000
|
|||
KONSUMSI:
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Konsumsi Anggota
|
31
hari
|
Rp 300.000
|
Rp 9.300.000
|
Total
|
Rp 9.300.000
|
|||
TRANSPORTASI:
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Volume
|
Jumlah
|
1.
|
Sewa Mobil
|
4 Kali
|
Rp 500.000
|
Rp 2.000.000
|
2.
|
Sopir
|
2 Kali
|
Rp 200.000
|
Rp 400.000
|
3.
|
Bensin dan Tol
|
Rp 1.200.000
|
||
4.
|
Sewa Tempat Tinggal
|
2 Rumah
|
Rp 600.000
|
Rp 1.200.000
|
Total
|
Rp 4.800.000
|
|||
REKAPITULASI DANA:
No
|
Uraian
|
Pemasukan
|
Pengeluaran
|
1.
|
Iuran Peserta KKN (18 orang)
|
Rp 18.000.000
|
|
2.
|
Kesektariatan
|
Rp 2.010.000
|
|
3.
|
Pubdekdok
|
Rp 4.280.000
|
|
4.
|
Acara
|
Rp 31.066.000
|
|
5.
|
Transportasi
|
Rp 4.800.000
|
|
6.
|
Konsumsi
|
Rp 9.300.000
|
|
Total
|
Rp 18.000.000
|
Rp 51.456.000
|
|
Total Kekurangan
|
Rp 33.456.000
|
||
Kekurangan dana kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) SHARE 2015 adalah
Rp. 33.456.000,-
C. Lampiran ii
TIMELINE ACARA KEGIATAN


C. Susunan Panitia
Kuliah Kerja Nyata (KKN) SHARE 2015
Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah Jakarta
Pelindung
Prof.
Dr. Dede Rosyada, MA
(Rektor UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta)
Penanggung jawab
Djaka Badranaya, ME
(Kepala Pusat Pengabdian kepada
Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Ketua
Muhammad Agung
Wicaksono
Sekretaris I
Karina Nur
Inayati
Sekretaris II
Dityan Zahra
Pranissa
Bendahara
Meydha
Nurcholis
Divisi Acara
Deny Gunawan Susandi
Ithessa Oni Hamzah
Novi Nur
Prasetianingrum
Divisi
Perlengkapan dan Transportasi
Abdullah
Achmad Faizal Riwanto
Gustiawan Arum
Zaenudin
Divisi Hubungan
Masyarakat
Annisah Bilqis
Bahrur Rosi
Peni Rahmadani
Divisi Konsumsi
Anissa Farida
Nanda Pipit
Nurjannah
Divisi Dekorasi
dan Dokumentasi
Enung Nurokhman
Dwi Hartini
D. Peserta KKN
PpMM SHARE 2015
Peserta Kuliah
Kerja Nyata (KKN) SHARE 2015
Mahasiswa/i UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta
Desa Pasirgintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten
Tangerang
Fakultas Adab dan Humaniora
Deny Gunawan Susandi (1112026000064)
Enung Nurokhman (1112026000098)
Ithessa Oni Hamzah (1112026000035)
Karina Nur Inayati (1112026000092)
Muhammad Agung Wicaksono (1112026000070)
Fakultas Dakwah
dan Ilmu Komunikasi
Achmad Faizal Riwanto (1112051000155)
Annisah Bilqis (1112051000158)
Dityan Zahra Pranissa (1112051000149)
Fakultas Ilmu
Sosial dan Politik
Abdullah (1112113000080)
Fakultas Sains
dan Teknologi
Dwi Hartini (1112094000033)
Gustiawan Arum (1112094000025)
Novi Nur Prasetianingrum (1112094000028)
Zaenudin (1112094000034)
Fakultas Syariah
dan Hukum
Annisa Farida (1112046100019)
Meydha Nurcholis (1112046100002)
Nanda Pipit Nurjannah (1112046100029)
Peni Rahmadani (1112046100084)
Fakultas
Ushuluddin
Bahrur Rosi (1110033100048)
Komentar
Posting Komentar